Pages - Menu

PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADHAN 1441 H TAHUN 2020

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah nggak terasa bentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan 1441 H,, angkanya cantik y, karena hanya pengulangan angka 1 dan 4... semoga Ramadhan tahun ini juga secantik angkanya, Aamiin.
Sebagian umat muslim di Indonesia ada yang sudah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020. Untuk menentukan awal puasa 1 Ramadhan 1441 H, rencananya pemerintah akan menggelar Sidang Isbat pada hari ini, Kamis 23 April 2020.

Qodarullah Ramadhan kali ini bertepatan dengan mewabahnya virus Covid-19 atau yang familiar disebut virus corona. Pasti sudah pada tau kan asal muasal, penyebarannya dan langkah penanganannya. Pasti kalian lebih paham & lebih update beritanya daripada saya...hehe.
Jadi langsung aja y kembali ke tema awal....berhubung lagi ada si Covid-19 ini dan penyebarannya sudah merata di seluruh Indonesia, jadi pemerintah melakukan sejumlah aturan-aturan yang berhubungan dengan ibadah di bulan Ramadhan kali ini. Berdasarkan situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (https://www.covid19.go.id/). Pemerintah melalui Kementerian Agama menghimbau agar pelaksanaan ibadah selama bulan suci Ramadhan dilakukan di rumah saja selain itu pemerintah juga melarang mudik. Semoga pandemi ini segera berakhir dan aktivitas Ramadhan berjalan seperti biasanya. Aamiin.

Ramadhan tahun lalu saya juga sempat memposting persiapan menyambut Ramadhan 1440 H. Sebetulnya nggak jauh beda persiapan Ramadhan setiap tahunnya, tapi untuk tahun ini sepertinya akan berbeda....
1.      Anggaran Khusus Lebaran
Nggak dipungkiri, walaupun kita mau konsen mikirin akhirat, tapi pemenuhan kebutuhan primer seperti pangan dan sandang harus tetep diperhatikan. Gimana mau konsen urusan akhirat kalau kita laper, kalau anak istri butuh makan, butuh baju lebaran, butuh uang buat beli isi toples. Jangan sampai  Habblum minallah nya bagus tapi hablum minannas nya malah berantakan. Tips dari saya, biasanya setiap bulan saya menyisihkan sedikit dari pendapatan, bisa ditabung sendiri, bisa lewat tabungan rencana yang diambil pas bulan Ramadhan ataupun tabungan lainnya. Jadi uang Ramadhan adalah uang alokasi khusus untuk bulan Ramadhan, jadi nggak mengganggu tabungan yang lain. Kalaupun nggak bisa dan nggak terbiasa, diusahakan dan harus dipaksa agar terbiasa. Nah kalau dapet THR itu anggep aja bonusan. Kalau sisa jangan dihabiskan dan langsung masukkan ke simpanan Dana Darurat.

2.     Persiapan Jasmani & Rohani
Sebagai manusia awam, saya akui iman kadang naik turun. Konsisten itu susah, walaupun iman lagi turun, tapi jangan tinggalkan yang wajib-wajibnya. Itu harus dan mutlak. Buat me-recharge iman, biasanya saya dengerin kajian-kajian dan baca Al-Qur’an biar nanti pas Ramadhan sudah terbiasa dan tidak terbata-bata. Kalau waktunya kadang nggak selow (astagfirullah) dengerin yang ceramah 1 menitan, tapi nggak Cuma satu y, hehe....
Buat persiapan hati, latih lagi ilmu ikhlas, jangan nyampurin urusan orang lain, fokus sama pribadi kita, kalau ada niatan nggak baik atau pikiran husnudzon entah masalah apapun langsung ingat Allah dan istigfar. Saran saya, mau ramadhan atau enggak. Masalah hati ini penting. Kaitkan selalu hatimu dengan Sang Pemilik hidupmu, insyaAllah masalah sebesar apapun klo hatimu dipasrahkan sama Allah akan ringan.
Nabi shallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).
Nah klo fisik (jasmani), insyaAllah kalau hatinya baik tercermin melalui fisik, tapi ada juga yang fisiknya terlihat bagus tapi hatinya sakit, hati-hati ya teman-teman... untuk persiapan jasmani jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap fit ditengah pandemi Covid-19 dengan makan makanan yang bergizi, makan buah dan suplemen vitamin bila diperlukan. Ingat, hanya kamu yang tau kondisi tubuhmu.

3.     Hunting Outfit Serba Serbi lebaran
Dari awal tahun 2020 saya sudah bergerilya di online shop buat nyari gamis dan mukena yang nyaman buat sholat tarawih, bukan buat lebarannya. Biasanya buat lebarannya mepet menjelang Ramadhan takutnya modelnya berubah terus. Hehe...
Alhamdulillah dapet gamis dengan bahan katun yang nyaman banget dengan harga nggak terlalu mahal. Rencananya tanggal 14 Maret 2020 mau ke Solo, ada urusan dan sekalian hunting baju lebaran buat suami dan keluarga besar. Qodarullah pas hari itu, pagi-pagi berita di TV rame nyiarin di Solo ada yang positif Covid-19 dan ditetapkan siaga. Jadi kita pending sampe sekarang belum beli. Mau nge-Mall juga mikir-mikir, soalnya biasanya kalau hunting buat lebaran sampe berjam-jam. Kalau nggak dikasih mentahan aja.hehe

4.     Food Prep dan Hunting Variasi Menu
Untuk urusan dapur, alhamdulillah tiap minggu sudah terbiasa dengan food prep. Tinggal variasi menu yang agak bingung, apalagi menu yang sehat-sehat, no gula, gluten, minyak goreng, tapi syusahnya...alhamdulillahnya di instagram banyak banget yang posting variasi menu tinggal dipadupadankan.

Sekian persiapan menyambut lebaran keluarga kecil kami, maaf kalau ada salah-salah kata,, agak bingung juga mau nulis apa, biasanya udah heboh belanja sana sini, pulang kampung bawain sembako buat persiapan puasa orang tua. Dan kerasa banget bedanya.....
Semoga Covid-19 segera berakhir dan kita bisa menjalankan ibadah dibulan Ramadhan dengan khusyuk dan semakin bertambah iman dan taqwa kita pada Allah SWT. Aamiin
Selamat menjalankan ibadah puasa...

With Love,
dianhandari



Sumber referensi :